Hijauku Bumiku

Hutan terluas pun terus kehilangan areal hijaunya.


“Kalau pohon terus ditebangi dan hutan kita habis, ini ibarat menggali lubang kubur kita sendiri. Entah mengapa pohon-pohon di hutanku ditebangi. Apakah tak ada cara lain untuk mencari nafkah selain menebangi pohon dihutan? Tak adakah upaya untuk mencari uang tanpa menanam dendam alam?

Luas hutan dunia semakin lama semakin berkurang. Sebagai contoh Indonesia. Menurut majalah Geo bulan Oktober 2011, Indonesia kehilangan 6850 km2 hutan setiap tahunnya. Jika hutan terus dibabat tanpa kendali, dalam waktu 137 tahun saja, Indonesia tidak akan mempunyai hutan lagi. Padahal itu baru di Indonesia, belum di Brazil, Australia, Rusia dan negara lainnya. Negara-negara dengan jumlah hutan terluas pun terus kehilangan areal hijaunya.

Penyebabnya pun beraneka ragam. Entah karena faktor alam ataupun kesengajaan manusia. Dan yang paling memprihatinkan adalah karena alasan komersial semata. Hutan dieksploitasi untuk kepentingan industri secara membabi buta. Ada yang dijadikan perkebunan sawit, ada yang dijadikan ladang sayur mayur, arena pertambangan dan lain sebagainya.

Bahkan ada yang membabat hutan untuk area perumahan. Alasannya, keperluan manusia akan perumahan semakin membludak. Jika dipikir masuk akal juga. Penduduk bumi kan semakin lama semakin bertambah. Menurut data Biro Sensus Amerika Serikat, pada tanggal 26 Februari 2006, penduduk dunia berjumlah 6,5 milyar jiwa. Saat ini jumlah penduduk dunia diperkirakan mencapai 7 milyar lebih.

Artinya, bumi yang luas daratannya hanya 149.557.000 Km2 akan semakin penuh. Jawabannya, akan banyak hutan yang dibabat untuk berbagai keperluan. Jadinya, luas hutan menjadi semakin sempit dan oksigen menjadi semakin sedikit. Populasi manusia yang semakin bertambah membutuhkan ruang lain yang lebih luas. Akibatnya, hutan jadi korban sehingga tidak terjaga keberadaannya.

Ketika bencana datang, barulah kita minta tolong bahkan protes kepada Tuhan. Padahal kita sendiri yang membangun bencana demi bencana.

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Diskusi

4 thoughts on “Hutan terluas pun terus kehilangan areal hijaunya.

  1. Manusia memang tak pernah puass.. yuk nanam pohon 🙂

    Posted by Syahru Al Banjari | 12/05/2013, 2:27 pm
  2. Perlu ada komitmen bersama untuk menurunkan kehilanghan hutan 6850 km2 hutan setiap tahunnya. Salam lestari mas…

    Posted by Noer | 03/06/2013, 1:29 am

Coretan Dinding

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d blogger menyukai ini: