Pengetahuan Umum, Sejarah

Indonesia Negeriku


Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (“pulau luar”, di samping Jawa yang dianggap pusat).

Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006,Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung.

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.

Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia, “Bhinneka tunggal ika” (“Berbeda-beda tetapi tetap satu”), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Diskusi

18 thoughts on “Indonesia Negeriku

  1. selamat hari pahlawan..
    MERDEKA 🙂

    Posted by triwhy | 10/11/2011, 2:19 pm
  2. Biarkan tekanan itu hidup sepanjang masa….
    jadilah Pahlawan pada masanya 😀

    Posted by Budi Nurhikmat | 10/11/2011, 3:40 pm
    • Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Begitulah kata Bung Karno 🙂

      Posted by Hijauku | 10/11/2011, 6:08 pm
  3. Semoga perjuangan yg digelorakan oleh Bung Tomo dkk di masa lalu, menjadi inspirasi perjuangan dalam konteks kekinian, berjuang untuk menuju kedaulatan ekonomi, sosial dan politik Indonesia.
    Selamat hari pahlawan juga mas, sukses selalu untuk anda…

    Posted by Noer | 10/11/2011, 7:15 pm
    • Thank u pk nur 🙂 Kupertahankan kau demi kehormatan bangsa
      Kupertahankan kau demi tumpah darah
      Semua pahlawan-pahlawanku..

      Posted by Hijauku | 10/11/2011, 8:02 pm
  4. semoga Allah merahmati para pahlawan,

    Posted by Sayyidah 'Ali | 10/11/2011, 9:34 pm
  5. semoga kita bisa menjadi pahlawan untuk baanyak orang, setidaknya untuk diri sendiri saja dulu…aaminn

    Posted by Mila | 10/11/2011, 11:06 pm
  6. MERDEKA! dan ayo kita berkarya membangun negeri, biar jasa para pahlawan ga siasia 😀

    Posted by ~Amela~ | 10/11/2011, 11:54 pm
  7. MERDEKAAA….!!!! 😀
    (Mirip pidatonya pak presiden :-D)

    Posted by Nyoman CNd | 11/11/2011, 12:23 am
  8. Tetap kobarkan semangat juang. 🙂

    Posted by irfan handi | 11/11/2011, 12:44 am
  9. mengisi kemerdekaan sulittt…aku heran sama temen temen kita yang ga ngargain betapa sulitnya merebut kemerdekaan sadarrr..ya ga

    Posted by arhieword | 11/11/2011, 11:10 am
    • mudah2an pd sadar sob..mengisi kemerdekaan ini sama beratnya dengan memperebutkan kemerdekaan itu sendiri.

      Posted by Hijauku | 11/11/2011, 11:21 am

Coretan Dinding

%d blogger menyukai ini: