Herbal

Khasiat daun pisang


 

 

Luka bakar boleh jadi tidak masuk ke dalam 3 tertinggi penyebab kematian utama di Indonesia dan dunia. Namun, luka bakar yang luas sering berakibat fatal. Banyak penderita korban kebakaran atau terkena sengatan listrik telah meregang nyawa ketika mereka tiba di rumah sakit.

Hal utama yang dilakukan dalam menangani luka bakar yang luas adalah koreksi cairan tubuh dan pencegahan terhadap infeksi. Seseorang yang mengalami luka bakar luas, cenderung lari kesana kemari untuk mencari bantuan. Hal ini akan menyebabkan tubuhnya terkena angin dan evaporasi cairan tubuh semakin besar, keadaan ini akan berakhir dengan dehidrasi. Oleh karena itu, jika ada saudara, teman, ataupun keluarga yang mengalami luka bakar luas karena kebakaran misalnya ada baiknya anda sarankan untuk diam di tempat (stop), jatuhkan (drop), dan gulingkan (roll) agar api segera padam.

Ketika membawa orang yang terkena luka bakar, jangan biarkan mereka dalam keadaan yang terbuka. Kita bisa menggunakan selimut basah untuk menyelimutinya, atau menurut dr. Moerbono M, sp.KK dapat menggunakan daun pisang yang dibersihkan terlebih dahulu. Menurut Madhori A.Gore dan Deepika Akolekar pada jurnalnya yang berjudul ” Evaluation off Banana Leaf Dressing for Partical Thickness Burn Wounds” daun pisang mempunyai berbagai keunggulan dalam penggunaannya pada luka bakar.

Daun pisang dapat mengurangi penguapan cairan karena terdapat lapisan lilin. Daun ini juga menimbulkan sensasi dingin pada kulit tubuh, tidak melekat pada luka, dan mempunyai permukaan yang luas sehingga dapat melingkupi semua bagian tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh Evi Rohmatun yang berjudul ”Sifat Fisis dan Efek Salep Ekstrak Daun Pisang Muda (Musa Paradisiaca, Linn) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Pada Kulit Punggung Kelinci” ekstrak daun pisang muda membantu penyembuhan luka bakar dengan hasil yang cukup signifikan.

Oleh karena itu jika mendapati korban luka bakar seperti kebakaran. Suruhlan sang korban berhenti (stop), jatuhkan (drop), dan gulingkan (roll). Selanjutnya selimuti tubuhnya dengan daun pisang yang telah dibersihkan dengan NaCL ataupun alkohol dan segera larikanlah ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan koreksi cairan serta pencegahan terhadap infeksi.

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Diskusi

Belum ada komentar.

Coretan Dinding

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d blogger menyukai ini: