Narkoba

Selamatkan Anak Bangsa



 

Sebuah bangsa akan hancur, jika generasi mudanya rusak. Generasi muda akan rusak, jika kita tidak mampu melakukan pengasuhan dan bimbingan dalam aspek spritual, nilai dan prilaku keagamaan yang setinggi-tingginya. Oleh karena itu kita berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan menyelamatkan mereka dari hal-hal yang buruk antara lain dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sejak dini generasi muda harus diberi pengetahuan tentang bahaya narkoba, sehingga mereka memiliki kemampuan menolak apabila diajak atau ditawari narkoba.

Negeri kita Indonesia pada saat ini memiliki tidak kurang dari 45 juta anak bangsa yang duduk di bangku pendidikan mulai Sekolah Dasar, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi. Kelak
negeri ini akan berada di tangan mereka. SAVE YOUTH sebelum terlambat.

London, CyberNews. Jumlah infeksi HIV di kalangan pengguna narkotika dengan jarum suntik tampaknya meningkat, kata sebuah penelitian.

Laporan itu, yang diterbitkan di jurnal kedokteran Inggris, The Lancet, mengatakan 3 juta penggunak narkotika suntik di seluruh dunia kemungkinan positif mengidap HIV.

Di sembilan negara, lebih dari 40% pengguna narkotika terinfeksi oleh HIV.

Para peneliti khawatir dengan kurangnya data dari Afrika dan mengatakan faktor resiko yang mendorong penyebaran HIV dengan cara ini juga terjadi di Afrika.

Mereka mengatakan mengatasi masalah ini adalah hal yang “sangat mendesak”.

Para ilmuwan yang melakukan studi ini, dari Universitas New South Wales di Australia, mengkaji data luas yang sudah diterbitkan sebelumnya.

Mereka menyimpulkan bahwa jumlah pengguna narkotika dengan jarum suntik dan tingkat infeksi HIV di kalangan mereka mengalami peningkatan.

Virus ini pada umumnya disebarkan oleh pemakaian jarum suntik secara bersama.

Di sejumlah negara di Asia Tenggara, Amerika Latin dan Eropa Timur tingkat infeksi HIV di kalangan pengguna jarum suntik di atas 40%. Di Estonia, angka itu lebih dari 72%.

Namun sebagian negara berhasil mempertahankan tingkat infeksi rendah, seperti Inggris Raya dengan 2,3%, Selandia Baru dan Australia dengan hanya 1,5% pengguna narkotika jarum suntik yang positif mengidap HIV.

Penukaran jarum

Para peneliti mengatakan ini disebabkan oleh penerapan program penukaran jarum suntik pada tahun 1980-an.

Laporan itu mengatakan ada mandat jelas untuk mengeluarkan dana bagi program-program pencegahan HIB seperti penukaran jarum suntik dan perawatan dengan substitusi obat.

Juga dibutuhkan penyuluhan dan pendidikan guna membantu mencegah penyebaran HIV di negara-negara di mana narkotika suntik digunakan dengan luas namun virus belum meluas di kalangan pengguna.

“Prevalensi HIV yang tinggi di kalangan para pengguna narkotika jarum suntik mewakili tantangan kesehatan besar di seluruh dunia,” kata para peneliti.

Michael Carter, dari layanan informasi HIV, NAM, mengatakan laporan itu memberi “bukti kuat” yang mendukung pelaksanaan program penukaran jarum suntik.

Dia mengatakan: “Kasus HIV pada pengguna narkotika dengan jarum suntik di Inggris sejak dulu rendah karena kami mementingkan penyuluhan kesehatan.”

“Coba bandingkan dengan jumlah infeksi HIV di negara-negara yang menolak untuk menjalankan program penukaran jarum suntik karena mereka pikir ini akan ‘mendorong’ pemakaian narkotika.”

Carter menambahkan ada bukti kuat bahwa para pengguna narkotika suntik bisa mendapat pengobatan anti-HIV, namun mereka seringkali menghadapi stigma dan diskriminasi yang berarti mereka sering sulit mendapatkan pengobatan yang bisa menyelamatkan nyawa mereka.

 

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Diskusi

Belum ada komentar.

Coretan Dinding

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d blogger menyukai ini: