Laut

Gunung es


Antartika merupakan benua yang meliputi kutub selatan bumi, tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun.

Meskipun menurut legenda dan spekulasi tentang sebuah tanah selatan (terra Australis, red) sudah ada sejak zaman kuno, penemuan benua yang pertama kali diterima umum terjadi pada 1820 dan pendaratan yang pertama tercatat tahun 1821.

Namun demikian peta yang dibuat laksamana Riri Reis tahun 1531 memuat sebuah benua selatan yang diduga sebagai pantai Antartika. Dan karena Global Warming, gunung es tersebut mulai mencair dan menimbulkan Fenomena tersendiri.

Gunung es di daerah Antartika terkadang memiliki garis-garis, yang dibentuk dari lapisan salju, bereaksi terhadap kondisi berbeda.

Gunung es bergaris biru sering terjadi ketika celah di lapisan es mencair terisi air laut dan membeku sangat cepat, sehingga tidak terjadinya bentuk gelembung.

 

Ketika gunung es pecah jatuh ke laut, lapisan air laut yang asin dapat membekukan sampai dasar laut, dan jika disekitarnya banyak algae (semacam tumbuhan laut), maka dapat membentuk garis hijau.

Terjadinya garis abu-abu, hitam, dan kuning pada pecahan gunung es disebabkan oleh sediment (batuan endapan yang terdiri dari batuan beku dan batuan metamorfosis), ketika lapisan es menggelinding menuju laut.

Gunung Es Antartika mulai mencair, fenomena yang indah dan bahaya.(sakti, dari berbagai sumber)

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Diskusi

Belum ada komentar.

Coretan Dinding

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d blogger menyukai ini: